Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas (Overheat)

Panas yang terjadi pada laptop sangat mengganggu kinerja laptop. Bahkan, bisa sampai memperpendek umur dari laptop tersebut. Itulah sebabnya mengapa laptop dari semua brand memiliki ventilasi udara yang cukup banyak agar mampu mengeluarkan udara panas dari dalam laptop. Akan tetapi, sangat berbeda jauh dibandingkan dengan PC, karena pada PC kipas yang dimilikinya jauh lebih besar dan komponen yang ada di dalamnya tidak terlalu tipis seperti yang ada pada laptop. Kepadatan komponen yang ada pada laptoplah yang seringkali membuat sirkulasi udara laptop menjadi kurang maksimal. Namun, semua itu tergantung dari cara pemakaian dan cara perawatan oleh sang pemilik laptop. Masalah yang sering kita temukan apabila laptop yang kita miliki mengalami suhu panas yang terlalu tinggi biasanya adalah not responding (hang). Dampak not responding itu sendiri akan mengakibatkan pekerjaan pemilik laptop akan tertunda dan berantakan.

Biasanya laptop yang suhu panasnya sudah mulai meningkat akan sangat mudah dirasakan, yaitu hanya dengan cara meletakkan tangan kita di bagian bawah laptop, terutama pada jendela pembuangan angin. Ada banyak penyebab dan cara untuk mengatasi laptop yang cepat panas. Berikut ini akan admin bahas berdasarkan pengalaman, dan saran dari teman-teman admin untuk mengatasi laptop overheat. Hal yang sangat perlu diperhatikan dalam artikel ini adalah hampir semua penyebab dan cara untuk mengatasinya terdapat pada cara pemakaian dan perawatan pemilik laptop itu sendiri.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas


laptop cepat panas

Terlalu Lama Digunakan


Durasi dalam menggunakan laptop sangat menentukan suhu dari laptop, "semakin lama laptop digunakan, maka akan semakin panas juga suhu yang ada di dalamnya". Hal inilah yang akan menyebabkan beberapa komponen yang membangun laptop akan cepat mengalami panas, rusak, bahkan gosong. Oleh sebab itu, istirahatkanlah laptop anda sejenak, agar umur laptopnya bisa lebih panjang dan awet. Tidak ada salahnya juga untuk mengistirahatkan laptop, karena sama saja dengan mengistirahatkan tubuh kita saat pemakaian laptop.

Gunakan Cooling Pad


cooling pad

Apabila anda adalah ternyata orang yang sangat memerlukan laptop hidup dalam waktu yang cukup lama, maka cara mengatasi agar tidak cepat panas adalah dengan memakai cooling pad. Cooling pad ini meskipun jika dirasakan pada tangan kita sendiri angin yang keluar tidak terlalu kencang, tapi sangat bermanfaat bagi laptop. Penggunaan cooling pad yang rutin dapat mencegah laptop terlalu panas.

Kipas / Fan Laptop Rusak atau Tersumpal Debu


Apabila ternyata laptop kita dalam hal waktu penggunaannya sudah tidak terlalu lama namun tetap merasakan cepat yang panas. Satu hal yang perlu diperhatikan lagi adalah kipas atau fan yang ada di dalam laptop. Meskipun kipas laptop mati adalah hal yang jarang terjadi, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan. Karena, bisa jadi kipas laptop anda sudah tersumpal oleh debu yang terlalu tebal sehingga rotasi perputaran pada kipas terhambat dan hal ini akan menyebabkan laptop cepat panas.

Cek dan Tambahkan Thermal Paste


thermal paste

Thermal Paste adalah cairan yang memiliki kandungan yang dapat mengurangi suhu panas pada processor laptop dan komputer. Tahap pengecekan pada thermal paste sangat dianjurkan apabila laptop sudah sering terlalu panas. Letak thermal paste terdapat di bagian bawah kipas dan atas processor. Oleh sebab itu, lebih baik anda gunakan jasa servis laptop apabila anda tidak memiliki skill dan alat untuk membongkar dan menambahkan thermal paste pada laptop.

Sembarangan Meletakkan Laptop yang Menyala


Beberapa tempat yang harus dihindari ketika laptop sedang menyala adalah

  1. Tempat yang terlalu banyak debu
  2. Tanah, dan pasir.
  3. Kasur
  4. Sofa

Tempat yang terlalu banyak debu, tanah dan pasir akan mengakibarkan debu tersebut masuk ke dalam laptop dan akan menghambat proses pengeluaran udara pans yang ada di laptop. Sedangkan kasur dan sofa jika kita gunakan untuk meletakkan laptop yang sedang menyala maka akan sangat membahayakan laptop, karena kasur dan sofa tersebut datarannya akan menurun (kasurnya melengkung ke bawah), kemudian sebagian body laptop bagian bawah juga ikut turun masuk, lalu ventilasi udara yang ada di dalam laptop menjadi tersumpal atau terhambat. Jadi, jika ingin laptop tidak cepat panas jangan menggunakannya di beberapa tempat tersebut yah.

Oke, sampai sini saja beberapa hal yang perlu diperhatikan penyebab dan cara mengatasi laptop cepat panas (overheat). Semoga kalian semua paham dengan tulisan saya. Jangan lupa bagikan dan like artikel tips dan informasi ini, agar teman-teman kita juga tahu. Sampai jumpa.

Post a Comment

1 Comments