Apa Itu COD?

Pengertian COD

Cash On Delivery atau yang lebih sering disingkat COD adalah metode transaksi barang dimana pihak pembeli membayar langsung kepada pihak penjual yang telah mengantarkan barang jualan sampai ke alamat tujuan yang diinginkan pihak pembeli.

Kemunculan Istilah COD

COD mulai booming semenjak jaman masyarakat luas mengenal dengan jual beli di internet, atau online shop.

Sebenarnya COD mirip dengan transaksi tradisional dimana pembeli langsung menbayar ke penjual secara cash tanpa menggunakan mesin ATM atau kartu kredit.

Akan tetapi, yang menjadi pembedaan adalah proses nego barang, dan harga dilakukan melalui komunikasi chatting atau forum.

COD, Diantar atau Ketemuan?


Ini merupakan dua hal yang sering disalahgunakan oleh kedua belah pihak, baik pembeli maupun penjual.

Masyarakat Indonesia lebih banyak mengenal arti kata COD adalah pembeli dan penjual bertemu di suatu tempat yang sudah disepakati untuk kemudian menego dan membayar barang.

Kemudian, banyak penjual online shop yang sering menyisipkan kata, "Terima COD", tapi tidak bersedia untuk mengantar barang ke tempat tujuan pembeli.

Padahal, sebenarnya arti dari COD sendiri adalah penjual harus dan wajib mengantar barangnya oleh sendiri ke tempat pembeli tanpa menggunakan jasa kurir atau pengiriman barang apapun, seperti Go Send, JNE, TiKi, Pos Indonesia, J&T dan lain-lain.

Keuntungan Cash On Delivery (COD) Bagi Pembeli

  • Melihat kondisi barang secara fisik, bukan hanya sekedar gambar.
  • Bisa nego lagi jika memang barang terbukti ada lecet, atau kerusakan meskipun sedikit.
  • Bisa mencoba pengalaman pertama / testing barang sebelum barang tersebut dibeli.
  • Irit biaya, karena tidak perlu menambah biaya untuk pengiriman barang dari tempat penjual.

Keuntungan Cash On Delivery (COD) Bagi Penjual

  • Dicap sebagai penjual yang terpercaya. Karena dapat membuktikan kondisi barang secara fisik tanpa takut pembeli akan hilang.
  • Prosentase terjadinya deal transaksi lebih besar karena pihak pembeli sudah puas dengan melihat langsung kondisi barang.
  • Uang hasil jualan langsung diterima tanpa harus melalui mesin ATM.

Itulah seputar tentang apa itu pengertian arti kata COD yang kini sedang marak digunakan oleh para pegiat bisnis online dan para pelaku pembeli online.

Jadilah penjual dan pembeli yang baik. Jika masih ada informasi yang kurang jelas, silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah ini.

Post a Comment

1 Comments