Mengatur Auto Startup Program Aplikasi

Kembali lagi dengan admin Cari Cara Komputer hadir kembali dengan tulisan baru mengenai tutorial mengatur auto startup program aplikasi yang ada di Windows XP, 7, 8, dan juga 10. Karena, pengalaman pribadi admin disini memiliki banyak sekali aplikasi software di laptop dengan space yang cukup gede dan otomatis berjalan ketika laptop Saya dinyalakan. Kejadian seperti ini selalu membuat Saya sedikit merasa kesal, karena seharusnya laptop yang baru dinyalakan harus masih dalam keadaa fresh karena belum ada aplikasi berat yang berjalan. Eh, tapi ini justru malah laptopnya langsung lemot. Cari tahu kesana kemari, akhirnya Saya menemukan salah satu tutorial yang sangat bergnua dan Saya bagikan disini.

Kalau kata orang, tutorial ini bisa juga digunakan menjadi tutorial agar mengatasi booting lambat. Jadi, yuk deh mulai langsung tutorialnya.

Mengatur Auto Startup Program Aplikasi


Startup Windows

1. Hidupkan terlebih dahulu komputer atau laptopnya.

2. Buka Task Manager dengan menggunakan salah satu cara di bawah ini (pilih salah satu):

#1 Tekan tombol CTRL + ALT + DEL. (Cara paling mudah)
#2 Klik kanan pada taskbar windows (letaknya ada di bawah sendiri, biasanya ada deretan shortcut aplikasinya), kemudian pilih Task Manager. (Sedikit rumit)
#3 Tekan tombol CTRL + R, ketik msconfig lalu enter. Pada pilihan tab-nya, pilih Startup, Kemudian tekan klik Open Task manager. (Cara yang terlalu susah)
3. Setelah masuk ke dalam task manager, silahkan lakukan dan pahami pengaturan berikut ini:

Mengatur Auto Startup Program Aplikasi

a) Tab untuk mengatur startup.
b) Kolom nama aplikasi yang dapat diatur pada startup.
c) Nama pengembang aplikasi
d) Status startup aplikasi, Enabled = Aktif, Disabled = Tidak aktif
e) Startup Impact adalah prioritas dari aplikasi tersebut, semakin tinggi statusnya, maka aplikasi tersebut akan dibuka pertama kali ketika komputer atau laptop baru saja dinyalakan.
f) Kolom untuk memilih aplikasi yang akan diatur.
g) Menghidupkan atau mematikan pengaturan auto startup.

4. Pilih aplikasi yang ingin dimatikan auto startup-nya.

5. Tekan klik tombol Disable pada sebelah pojok kanan bawah.

Setelah melakukan tahap ini, maka program aplikasi tersebut tidak akan otomatis terbuka ketika komputer atau laptop baru saja terbuka. Semoga, menggunakan tahap ini, proses booting laptop jadi tidak lemot lagi.

Tapi, kalau Anda itu adalah pekerja kantoran, bisa nih cari tipsnya buat milih komputer kantor harga murah disini: Tips Memilih Komputer Kantor Harga Murah

Sekian dulu dari Saya, semoga artikel ini menjadi bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa like dan share yah...

Post a Comment

4 Comments

  1. 1. Automate the order-to-cash process
    conventional accounting systems require users to manually complete orders, quotes, sales processing, and invoicing. In addition, we actively monitor and account for income from orders.

    2. Better market analysis with ERP software
    Four doctrinal elements typically drive efficient business development: understanding necessary data points, discovering and targeting effective development opportunities, making good business decisions, and striving for improvement. . The efficiency of business decisions is highly dependent on available data and is supported and driven by various means of producing reliable information.
    3. Prepare for future needs with ERP software
    Building a business requires preparation and steps to consider to keep growing. If a startup has sufficient resources, the duty cycle is usually better than normal. Therefore every commercially viable startup should consider acquiring an ERP system as an essential asset .………………..

    ReplyDelete