Membuka File CSV Tanpa Berantakan

CSV (Comma Separated Value) merupakan salah satu format file di dalam aplikasi pengolah kata, biasanya dibuka dengan menggunakan aplikasi microsoft excel, versi berapapun, baik microsoft excel 2013, 2007 maupun versi yang lainnya. Isi dari dalam file CSV merupakan tabel yang dipisahkan dengan menggunakan tanda baca koma/comma (,).

Apabila kita mengunduh file dengan format file .csv atau mengkopi dengan format .csv, maka secara otomatis file tersebut akan terlihat sangat berantakan dan acak. Biasanya format file .csv digunakan oleh pengguna kantor pajak, instansi, perusahaan besar. Hal tersebut dikarenakan apabila kita menggunakan format file .csv, maka dalam proses penginputan dan output data yang sangat besar dan banyak akan lebih dimudahkan.

Maka dari itu, untuk mengatasi kebingungan para pengguna internet yang sedang ingin membuka file .csv agar tidak berantakan lagi, admin disini ingin memberikan tutorial yang sangat mudah untuk dilakukan. Tahap ini tidak memerlukan aplikasi atau tools online agar bisa dilakukan. Mari segera simak tutorial membuka file .csv agar tidak berantakan berikut ini.

Membuka File CSV Tanpa Berantakan


File CSV

Terdapat dua cara yang bisa dilakukan agar dalam proses membuka file .csv tersebut tidak berantakan, silahkan pilih sendiri sesuai dengan keinginan masing-masing.

#1 Tutorial Otomatis


Cara membuka file .csv agar tidak berantakan yang satu ini adalah tutorial yang dapat membuat device (komputer atau laptop) kita dapat membuka file .csv berapapun tanpa harus melakukan pengaturan berulang kali.

1. Buka terlebih dahulu control panel home.
2. Pilih Clock, Language, and Region. Lalu, pilih Region
3. Pada tab dan kolom Formats, silahkan rubah pengaturan Indonesian (Indonesia) menjadi English (United Kingdom).
4. Tekan klik tombol Apply, kemudian OK.

#2 Tutorial Manual


Sedangkan, cara membuka file .csv agar tidak berantakan yang satu ini, Anda harus melakukan pengaturan berulang kali (setiap ingin membuka) file .csv.

1. Klik kanan file .csv yang ingin dibuka, pilih Open With Microsoft Excel.
2. Saat file sudah terbuka dalam aplikasi Microsoft Excel. Pilih menu Data dilanjukan dengan memilih menu Text to Coloumns.
3. Beri tanda Checklist pada pilihan Delimited dan hapus tanda Checklist pada pilihan Fixed Width. Klik tombol Next.
4. Beri tanda Checklist hanya pada pilihan Comma. Kemudian klik tombol Next.
5. Setelah muncul tab windows baru, biarkan pengaturan seperti yang tertera disitu. Silahkan tekan klik tombol Finish. Maka secara otomatis file tersebut akan tersusun rapi masuk ke dalam masing-masing tabel (baik rows, maupun coloumns).

Tidak terlalu sulit, bukan? Melalui dua tutorial mudah untuk membuka file .csv agar tidak berantakan tersebut di atas lah anda sekarang bisa menggunakan file .csv tersebut dengan lebih mudah dan rapih.

Berikutnya, setelah file .csv anda telah selesai diedit, jangan lupa untuk melakukan Save As menggunakan file .xlxs agar nantinya data tersebut dapat digunakan kembali.

Post a Comment

0 Comments