Mengendalikan PC atau Laptop dari Jarak Jauh

Mengendalikan PC atau Laptop dari Jarak Jauh - Sudah sepatutnya, apabila kita memiliki pekerjaan harus diselesaikan dengan tuntas. Meksipun tugas tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama, sampai berjam-jam bahkan berhari-hari. Karena, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sudah mulai pesat ini, menjadikan berbagai macam kegiatan yang dahulunya tidak dapat dilakukan oleh manusia, kini sudah mulai bisa dilakukan dengan mudah. Seperti contohnya adalah mengendalikan PC atau Laptop dari jarak jauh dengan smartphone. Tentunya kegiatan remote komputer dari jarak jauh memerlukan koneksi internet.

Sudah banyak aplikasi yang dapat melakukan tugas untuk mengendalikan PC atau Laptop dari jarak jauh dengan smartphone. Sangat cocok bagi kamu yang seringkali mendapatkan tugas dari klien yang terpaksa harus meremote dari jarak jauh. Cara ini sangat sering digunakan oleh para administrator jaringan yang dipaksa harus selalu stand by jika suatu saat server mengalami kerusakan atau memerlukan penanganan cepat.

Salah satu aplikasi yang paling terkenal dan paling banyak direkomendasikan adalah TeamViewer. Salah satu aplikasi yang berbasis pada teknologi Cloud Computing. Aplikasi yang mampu menyediakan dukungan online dan bekerja sama secara real time di seluruh dunia.

Mengendalikan PC atau Laptop dari Jarak Jauh

remote komputer menggunakan android

Pengaturan pada PC atau Laptop


1. Unduh terlebih dahulu aplikasi TeamViewer melalui situs resminya.

2. Lakukan instalasi Team Viewer dimulai dari menekan klik dua kali installernya.

3. Atur pengaturan instalasinya dengan melakukan seleksi pada "Basic Installation" dan "Personal / Non Commercial Use" seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Kemudian tekan klik tombol Accept - Finish.

Instalasi TeamViewer

4. Tunggu hingga proses intalasi aplikasi TeamViewer

Tunggu Proses TeamViewer

5. Tampilan splashscreen aplikasi TeamViewer, silahkan tekan tombol Close saja langsung. Atau jika kamu memang ingin membaca dan mempelajarinya terlebih dahulu, silahkan tidak dilarang.

Close TeamViewer

6. Berikut ini adalah tempilan awal aplikasi TeamViewer jika sudah selesai dipasang. Disitu tertera ID TeamViewer 9 digit angka, ID tersebut adalah ID yang digunakan untuk melakukan remote PC atau Laptop menggunakan smartphone. Jadi, silahkan simpan ID tersebut di smartphone. Yang perlu diingat adalah ID TeamViewer pada masing-masing device berbeda-beda. Sudah jelas tidak mungkin ID salah satu user memiliki kesamaan.

Di bagian bawah ID juga ada Password. Password tersebut akan otomatis ter-generate saat kamu menutup dan membuka aplikasi. Sehingga, generate password ini cukup mengganggu. Karena, tidak mungkin kamu yang sedang berada jauh dari komputer bisa mengetahui password yang otomatis ter-generate tersebut. Jadi, mari kita hapus terlebih dahulu password pada aplikasi TeamViewer bersama-sama.

Tampilan TeamViewer

7. Masuk ke menu Extras > Options, seperti gambar di bawah ini.

Extras TeamViewer

8. Ubah tab menu dari General ke Security. Masukkan password kamu pada kolom "Password" dan "Confirm Password". Kemudian ubah pada kolom "Password Strength" dari Standart (4 digits) menjadi Disabled (no random password). Pengaturan inilah yang akan menghapus otomatisasi generate password 4 digit. Simpan pengaturan tersebut dengan menekan klik tombol OK.

Atur Password TeamViewer

Pengaturan pada Smartphone

9. Silahkan beralih pandangan menuju smartphone kamu. Pasang terlebih dahulu aplikasi Team Viewer for Remote Control dari Google Play Store.

Pasang TeamViewer di Smartphone

10. Setelah terpasang, buka dan masukkan ID Team Viewer PC atau Laptop anda ke dalam kolom "TeamViewer ID" pada smartphone. Mulai dengan menekan klik tombol "Remote Control"

Masukkan ID TeamViewer

11. Masukkan Password, (bukan password yang auto generate, tapi password yang tadi kamu atur sendiri). Klik OK.

Masukkan Password

12. Tampilan informasi cara penggunaan TeamViewer menggunakan smartphone.

Informasi Penggunaan TeamViewer di Smartphone

13. Di bawah ini adalah tampilan sukses dari smartphone dan laptop dari cara mengendalikan PC atau laptop dari jarak jauh dengan smartphone.
Tampilan Sukses di Smartphone
Tampilan Sukses di Smartphone

Tampilan TeamViewer Terhubung di Laptop
Tampilan TeamViewer Terhubung di Laptop

14. Tekan tombol close di bagian bawah kiri pada smartphone lalu tekan OK untuk mengehentikan remote PC atau Laptop.

Menghentikan Remote

Begitulah kira-kira kurang lebihnya tentang bagaimana caranya melakukan remote komputer menggunakan smartphone android yang sangat mudah dikerjakan. 2 hal penting yang perlu di catat adalah, ID dan password. Usahakan dalam pembuatan password cukup sulit ditebak oleh orang lain, namun tetap mudah untuk diingat. Karena, tidak menutup kemungkinan ada celah yang mengakibatkan koneksi anda terkena serangan hacker, meskipun kemungkinan tersebut sangat kecil. Terimakasih.

Post a Comment

1 Comments

  1. ya benar team viewer sangat membantu sekali dalam mengatasi masalah komputer yg jauh.
    power supply hp

    ReplyDelete