Cara Terbaik Mengatasi Laptop Kesiram Air

Semua orang pasti akan mengalami shock berat seperti sedang sport jantung ketika mendapati laptop yang dimiliki kesiram air. Bahkan, karena saking paniknya, biasanya para pemilik laptop yang kesiram air hanya bisa diam dan menangisinya. Padahal, sebelum panik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para user agar mampu mengatasi laptop yang terkena air dengan segera dan sangat bisa menghindari dari kerusakan laptop.

Berikut ini merupakan beberapa cara terbaik dan paling direkomendasikan yang bisa dilakukan oleh para user ketika sedang mengatasi laptop kesiram air.

Cara Terbaik Mengatasi Laptop Kesiram Air


laptop kesiram air

Cabut Charger


charger laptop

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika laptop pertama kali kesiram air adalah dengan cara melepas charger agar arus listrik yang masuk ke dalam batre laptop terhenti dan akhirnya tidak menggosongkan komponen yang ada di dalam laptop.

Lepas Batre


Baterai Laptop

Langkah selanjutnya ketika charger sudah dilepas adalah melepas batre yang tertancap di laptop. Hal ini bertujuan agar aliran listrik yang tersisa di batre juga terhenti. Hampir sama dengan cara melepas charger.

Bongkar Semua Komponen Laptop


bongkar semua komponen laptop

Setelah batre dicabut, segera bongkar seluruh komponen laptop agar melindunginya dari kerusakan yang lebih parah. Karena, dengan cara melepas charger dan batre saja dirasa kurang cukup. Hal itu dikarenakan sisa arus listrik yang ada di motherboard setelah charger dan batre terlepas masih tersisa di dalamnya.

Keringkan dengan Pengering Rambut


Pengering rambut bisa digunakan sebagai alat yang dapat membantu semua komponen laptop terhindar dari kerusakan parah yang diakibatkan oleh air. Gunakan suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Jika anda tidak bisa membongkar semua komponen laptop, maka segeralah bawa ke tempat teknisi laptop terdekat. Akan tetapi, biasanya memerlukan proses yang terlalu lama, karena anda harus terlebih dahulu mebawa laptop ke tukan servis laptop, sehingga membogkar laptop sendiri merupakan rekomendasi yang sangat bagus.

Tunggu Hingga Komponen Laptop Benar-benar Kering


Jangan terlalu buru-buru dan juga jangan terlalu panik untuk mengecek apakah laptop anda yang terkena air bisa menyala lagi. Justru yang sebenarnya anda lakukan ketika anda semua panik, maka akan menyebabkan laptop yang sebenarnya belum kering justru dinyalakan terlebih dahulu. So, tetap jangan terlalu terburu-buru yah.

Baiknya itu saja artikel admin kali ini tentang bagaimana caranya mengatasi laptop yang tersiram air dengan baik dan benar. Semua kita semua bisa mempraktekannya di rmah dengan sempurna. Satu lagi tips dari admin disini adalah segera hindarkan gelas kopi air minum anda dari laptop, karena jika tumpah maka akan sangat membahayakn kondisi laptop anda. Sayangilah laptop anda seperti anda menyayangi diri anda sendiri. Karena di dalam laptop anda banyak sekali pekerjaan, dokumentasi, serta tulisan dari diri anda. Terimakasih, dan sampai jumpa.

Post a Comment

1 Comments

  1. kalau laptop tetap mati langsung aja dibawa ke servis ya,..
    solder hp

    ReplyDelete