Software Text Editor HTML dan Cara Menjalankannya

Software Teks Editor HTML dan Cara Menjalankannya - Menulis halaman suatu website menggunakan HTML tidak bisa menggunakan seluruh software editing kata, seperti Ms. Word, Ms. Excel. Melainkan ada beberapa software saja yang bisa digunakan untuk editing HTML. Berikut ini adalah beberapa Teks Editor HTML:

1. Notepad atau TextEdit


Pada seluruh sistem operasi komputer sudah tersedia software ini. Pada Windows, yang tersedia adalah Notepad. Sedangkan pada MacOS, yang tersedia adalah TextEdit. Software ini adalah software text editor HTML yang paling simpel dan paling direkomendasikan kepada para pemula yang ingin memulai pembelajaran HTML. Karena, pada kedua software ini, tidak ada fitur atau tools yang bisa membantu pada editor menulis HTML. Dengan tidak adanya fitur tersebutlah, para pelajar akan lebih menemukan kesalahan dan melakukan troubleshooting atau trial and error.

Software Text Editor HTML

2. Notepad++


Software text editor html yang satu ini adalah software satu tingkatan di atas Notepad dan TextEditor. Karena, menggunakan Notepad maka setiap tag akan memiliki warna yang bisa membantu para pengembang website.

3. Software Text Editor HTML Keren Lainnya


Berikut ini merupakan beberapa software text editor html yang memiliki segudang fitur yang sangat membanti proses penulisan HTML:

  • SublimeText
  • DreamWeaver
  • CoffeCup
  • KompoZer


Setelah mengetahui beberapa software editor html tersebut, sekarang kita coba untuk menjalankan hasil dari baris kode HTML.

1. Tulislah pada salah satu software editor tersebut. Misalnya seperti berikut ini:


<html>

  <head>

    <title>

      Judul Website

    <title>

  </head>

  <body>

    Isi Halaman Website

  </body>

</html>


2. Simpan dengan menggunakan ekstensi file .html

3. Lihat hasilnya menggunakan browser dengan cara melakukan drag & drop file ke dalam browser atau menuliskan alamat directory file browser.

Lihat daftar isi Panduan Lengkap Belajar HTML.

Post a Comment

1 Comments