Mengenal Hypertext Markup Language (HTML)

Mengenal Hypertext Markup Language (HTML) - Seperti judulnya, HTML singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML adalah salah satu bahasa markup yang banyak digunakan oleh para developer untuk membangun sebuah halaman website.

Tag adalah kode yang digunakan dalam bahasa HTML. Ada banyak sekali macam tag yang bisa digunakan pada HTML, seperti tag table, tag image, tag head, dan yang lainnya. Tag tersebut tersusun dari tag pembuka, isi, dan tag penutup seperti berikut ini:


<tagpembuka>
  isi
</tagpenutup>


Berikut ini merupakan tag dasar yang digunakan untuk membangun struktur dasar halaman sebuah website:


<html>

  <head>

    <title>

      Judul Website

    <title>

  </head>

  <body>

    Isi Halaman Website

  </body>

</html>

Meskipun nantinya ada beberapa tag juga yang dapat digunakan pada saat ingin membangung sebuah website, perlu diketahui bahwa seluruh tag di atas wajib untuk digunakan. Berikut merupakan penjelasan dari masing-masing tag:

Belajar HTML

html: tag HTML merupakan tag yang wajib digunakan ketika website kita sudah online. Hal ini bertujuan agar markup pada halaman website tervalidasi oleh search engine, seperti Google dan Bing.

head: Tag ini merupakan tempat dimana kita biss menyisipkan meta informations tentang halaman situs web.

title: Tag yang digunakan untuk membuat judul spesifik dari sebuah halaman web. Judul tersebut akan terletak pada bar tab browser.

body: Tag yang digunakan untuk dokumen web. Di dalam tag inilah seharusnya kamu membuat tag html yang lain.

Admin menyarankan agar pada saat pembuatan halaman website menggunakan bahasa HTML, maka teknik penulisannya ada seperti berikut ini:

Tulis terlebih dahulu tag pembuka -> Tulis tag penutup -> Mulai menulis isi di dalam Tag tersebut

Tujuan dari teknik penulisan tersebut adalah agar mengurangi resiko terjadinya kesalahan pada saat kita sudah memulai membangun halama website yang terdiri dari banyak baris kode HTML. Misalnya jutaan baris, maka saat itu juga harus mengurangi kurangnya tag penutup.

Lihat daftar isi Panduan Lengkap Belajar HTML.

Post a Comment

1 Comments