Mengaktifkan Tombol Hibernate

Mengaktifkan Tombol Hibernate - Tombol Hibernate merupakan salah satu tombol yang memiliki fungsi untuk menghidupkan mesin komputer tanpa menutup semua aplikasi yang sebelumnya sedang aktif terbuka. Menggunakan tombol hibernate-lah kamu bisa memberi waktu pada komputer atau laptop untuk istirahat sejenak tanpa takut aplikasi yang sedang kamu butuhkan saat ini dan nanti akan tertutup. Simpelnya, cara kerja dari tombol Hibernate pada sistem operasi Windows adalah menonaktifkan seluruh aktivitas hardware, seperti hardisk, lcd, keyboard, dan lain-lain, terkecuali RAM, tapi tidak menonaktifkan seluruh aktivitas software. Hal tersebutlah yang menjadi dasar kenapa tombol Hibernate sedikit berbeda dengan tombol lain di sistem operasi, seperti tombol shutdown, sleep, restart.

Jika kita semua lihat hanya sekilas, memang tombol Hibernate mirip fungsinya dengan tombol sleep. Akan tetapi, ternyata tombol sleep justru lebih berbahaya dibandingkan dengan tomvol Hibernate. Kenapa? Karena tombol sleep tidak full menonaktifkan seluruh aktivitas hardware, seperti hardisk contohnya. Nah, kekurangan inilah yang harus diperhatikan, meskipun laptop dalam keadaam mati karena sleep, tetaplah berhati-hati dalam menaruh atau membawa laptop. Karena, piringan hardisk di dalam laptop masih berputar secara perlahan. Dan jika laptop terkena benturan, dikhawatirkan akan menyebabkan terjadinya bad sector pada hardisk, kemudian data penting kamu hilang dan sulit untuk dikembalikan lagi.

Jika kamu belum mengaktifkan tombol Hibernate, maka tombol Hibernate tidak muncul. Oleh sebab itu, atur terlebih dahulu tombol Hibernate agar muncul di sistem operasi anda, baik windows 7, 8, maupun windows 10.

Mengaktifkan Tombol Hibernate

tombol hibernate

1. Masuklah ke Control Panel

2. Pilih System and Security
System and Security
3. Pilih Power Options
Power Options
4. Pilih Choose what the power buttons do
Choose what the power buttons do
5. Aktifkan pengaturannya dengan menekan klik tombol Change settings that are currently unavailable. Checklist tombol Hibernate dan Simpan pengaturan tersebut.
Aktifkan Tombol Hibernate

6. [Optional] Apabila memang kamu ingin menonaktifkan tombol shutdown, sleep, atau restart. Silahkan hapus tanda checklist di sana

Itulah cara mengaktifkan tombol Hibenate di Windows 7, 8, dan 10. Karena, semua sistem operasi memiliki prosedur, tata letak dan langkah yang sama dalam cara mengaktifkan tombol Hibernate.

Sekarang, menggunakan tombol Hibernate, kamu bakal lebih nyaman mematikan laptop tanpa takut aplikasinya tertutup dan tanpa takut data di dalam hardisk hilang.

Post a Comment

1 Comments