Tips Upgrade RAM Laptop

Masalah laptop lemot membuat banyak sekali para penggunanya mengingingkan untuk segera memperbaikinya dengan cara melakukan upgrade RAM pada laptop. Dikarenakan banyak sekali pengguna menganggap kapasitas RAM yang tidak unggul adalah penyebab utama laptop menjadi laptop. Meskipun pada kasus sebenarnya, RAM laptop tidak selalu menjadi masalah utamanya. Namun, tidak ada salahnya melakukan upgrade RAM laptop untuk mengatasi masalah kelemotan pada laptop. Maka dari itu, admin disini akan membagi tips upgrade RAM dengan baik dan benar untuk meningkatkan performa laptop.

Tips Upgrade RAM Laptop

tips upgrade ram laptop

#1 Pastikan Slot RAM Ada Lebih Dari Satu


Pada semua jenis, merk, dan tipe laptop, tidak selalu memiliki slot RAM yang lebih untuk memberikan leluasa para pengguna melakukan upgrade RAM. Sehingga, perlu diperhatikan kembali ada berapa slot RAM yang dimiliki oleh laptop anda masing-masing sebelum membeli RAM.

#2 Gunakan Jenis RAM yang Sama


Perkembangan laptop sangat pesat, untuk sekarang ini, terdapat 3 jenis slot RAM pada laptop. Berikut adalah perbedaan tipe slot RAM pada laptop.

tipe ram laptop
sumber: kursuswebsite.org

1. DDR1
2. DDR2
3. DDR3

Nah, pada perbedaan jenis RAM tersebut, pastikan anda membeli jenis RAM laptop yang sama dengan yang ada pada laptop anda.

#3 Cek Kecepatan RAM


Pastikan terlebih dahulu kecepatan RAM yang anda beli sama dengan kecepatan RAM milik laptop anda. Untuk mengetahui perbedaannya, biasanya kecepatan atau transfer rate pada RAM masing-masing laptop tercantum pada label RAM. Tertulis seperti ini, PC-1600, PC-1200, dan yang lainnya bisa anda lihat pada tabel kecepatan (transfer rate) RAM dibawah ini.

kecepatan ram laptop
sumber: catatanteknisi.com

#4 Gunakan Kapasitas RAM yang Sama


Jika ternyata RAM laptop anda adalah 4GB, maka sebaiknya lakukan upgrade RAM yang 4GB juga. Jangan melakukan upgrade RAM dengan kapasitas berbeda, seperti 2GB dengan 4GB, 4GB dengan 8GB, dan seterusnya.

Nah, ketiga tips upgrade RAM laptop tersebut diataslah yang harus anda perhatikan agar mendapatkan performa laptop yang lebih tinggi. Jadi, silahkan segera cek spesifikasi dan kapasitas RAM laptop anda melalui link berikut ini.

Cek Spesifkasi Komputer atau Laptop Tanpa Software

Post a Comment

1 Comments