Mengatasi Gagal Booting

Buat kalian semua yang memiliki komputer atau laptop dengan kendala gagal booting saat pertama kali menghidupkannya, maka kali ini admin ingin memberikan sedikit pengalaman. Dari pengalaman ini admin ingin memberikannya secara cuma-cuma agar dapat dibaca oleh teman-teman semua dan semoga menjadi lebih bermanfaat.

Masalah seperti ini memang sangat banyak ditemui oleh para pemilik laptop atau komputer. Masalah seperti ini biasanya dikarenakan murni oleh kelalaian oleh sang pemilik gadget. Pasalnya, masalah seperti ini lebih sering dialami oleh para pemilik yang jarang melakukan perawatan pada komputer atau laptop, maka dari itu saya sebagai admin di sini ingin membagikan sedikit tutorial yang mudah-mudah bisa membatu teman-teman semua.

Mengatasi Gagal Booting


Mengatasi Gagal Booting

Untuk menyelesaikan masalah seperti ini, alangkah baiknya untup melakukan analisa dan praktik tahap demi tahap. Karena, jika salah satu tahap dilewati, maka bisa jadi masalah justru tidak akan bisa teratasi.

#1 Bongkar laptop dan lakukan pembersihan pada kuningan memori (RAM) dengan menggunakan penghapus karet atau tisu halus hingga kira-kira sudah bersih. Pasang dan coba lagi. Jika masih gagal, maka coba untuk meminjam dan menggunakan RAM miliki teman yang memiliki tipe sama, apabila berhasil, maka sudah dapat dipastikan RAM milik Anda sudah harus dibuang atau diganti dengan yang baru.

#2 Lakukan pengecekan pada sistem operasi yang digunakan. Jika pada saat booting muncul pesan peringatan dari sistem operasi, maka segera lakukan perbaikan sesuai dengan pesan peringatan yang muncul di layar tersebut. Biasanya pesan peringatan tersebut memerintahkan kita untuk melakukan restore atau recovery sistem operasi menggunakan sistem operasi yang sama dengan sebelum rusak.

#3 Lakukan pengecekan terhadap keyboard. Apabila keyboard memiliki kerusakan berupa tombol menekan-nekan sendiri, besar kemungkinan ketika laptop baru saja dinyalakan keyboard sudah mulai bekerja menekan-nekan sendiri yang pada akhirnya membuat sistem operasi tidak bisa melakukan booting. Segera lepas atau ganti keyboard.

#4 Lakukan pengecekan terhadap monitor/LCD, karena layar blank ketika booting belum tentu kerusakan pada software, pada hardware seperti monitor/LCD juga harus dicek. Untuk komputer, bisa menggunakan monitor lain. Untuk laptop, bisa dengan menggunakan monitor external dengan menambahkan kabel VGA.

Oke, sekian itu saja terlebih dahulu dari saya, semoga rekan-rekan semua memahami apa isi dari artikel ini. Unntuk mendukung blog ini tetap update rutin setiap hari, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan share tutorial mengatasi gagal booting ini ke teman-teman. See you next time, guys..

Post a Comment

1 Comments