Gambar Urutan dan Fungsi Kabel UTP Straight dan Cross

Kabel UTP adalah jenis kabel yang paling sering digunakan oleh para engineer untuk menghubungkan komputer atau perangkat lain ke internet. Salah satu alasan utamanya adalah karena transfer rate yang disajikan apabila menggunakan kabel UTP cukup cepat. Dalam pengunaannya, kabel UTP memiliki standar urutan kabel yang sudah diakui oleh dunia bahwa itu adalah yang paling tepat.

Pada pengurutan kabel UTP, ada 2 jenis yang berbeda, yang pertama yaitu kabel Cross. Kabel Cross ini digunakan apabila seorang engineer ingin menghubungkan suatu perangat yang memiliki tipe sama, contohnya PC dengan PC, Switch dengan Switch, Router dengan Router, Laptop dengan Laptop dan yang lainnya. Kemudian yang kedua ada kabel Straight, jenis kabel ini digunakan untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lain yang memiliki jenis atau tipe yang berbeda, contohnya PC dengan HUB, PC dengan Switch, Router dengan Switch dan yang lainnya. Berikut akan admin sajikan bagaimana cara mudah menyusun urutan kabel straight dan cross pada kabel UTP.

Gambar Urutan dan Fungsi Kabel UTP Straight dan Cross

Urutan Kabel Straight


kabel straight

Ujung Pertama Ujung Kedua
Putih Orange Putih Orange
Orange Orange
Putih Hijau Putih Hijau
Biru Biru
Putih Biru Putih Biru
Hijau Hijau
Putih Coklat Putih Coklat
Coklat Coklat

Urutan Kabel Cross

kabel cross

Ujung Pertama Ujung Kedua
Putih Orange Putih Hijau
Orange Hijau
Putih Hijau Putih Orange
Biru Biru
Putih Biru Putih Biru
Hijau Orange
Putih Coklat Putih Coklat
Coklat Coklat

Seperti itulah cara menyusun uturan kabel UTP jenis Cross dan Straight yang sangat mudah. Hal terpenting yang perlu anda ingat adalah gunakanlah repeater apabila panjang kabel UTP yang kalian akan hubungkan pada device sudah melebihi dari 100 meter, karena hal itu akan menyebabkan transfer rate yang dimiliki berkurang.

Bagi Anda yang ingin melihat tutorial video tentang bagaimana pemasangan kabel UTP versi Straight dan Cross bisa langsung melihatnya disini.


Post a Comment

1 Comments