Cek Spesifikasi Laptop Tanpa Software

Hei, kalian punya laptop ngga?

Merk dan tipe berapa laptop kalian? Apakah bener laptop itu masih memiliki spesifikasi yang sama dengan buatan pabriknya? atau justru sekarang malah ngga tau sama sekali. Wah, simak penjelasan berikut ini

Nah, kali ini admin mau berbagi-bagi tentang tutorial melakukan pengecekan spesifikasi pada sebuah laptop. Bagi kalian yang memang membeli laptop baru, mungkin masih ingat dengan spesifikasi laptop yang baru saja dibeli.

Namun, bagaimana jadinya jika laptop tersebut dibeli dari orang lain, atau bekas? Masih yakin dan percaya kalau laptop tersebut hardware di dalamnya belum diganti oleh si pemilik pertama? Daripada ragu, mending kita mulai cek spesifikasinya pakai cara-cara yang sudah admin tulis di bawah ini.

Cek Spesifikasi Laptop Tanpa Software


Cek Spesifikasi Laptop

1. Hidupkan terlebih dahulu laptop Anda.

2. Tekan tombol "CTRL + R" secara bersamaan, tunggu hingga muncul kotak pencarian di bagian bawah kiri.

3. Masukkan kalimat "dxdiag" kemudian tekan enter. Tunggu hingga muncul tab window baru.

4. Maka, akan muncul tampilan seperti berikut ini:

dxdiag

5. Nah, setelah muncul gambar seperti tersebut di atas, maka akan muncul keterangan-keterangan seperti berikut ini:

a) System: Tab yang digunakan untuk memunculkan spesifikasi sistem dari laptop, seperti RAM, Processor, Tipe Laptop dan lain-lain.
b) Display: Tab yang digunakan untuk memunculkan spesifikasi VGA laptop.
c) Sound: Tab yang digunakan untuk memunculkan spesifikasi sound atau hardware suara pada laptop.
d) Input: Tab yang digunakan untuk memunculkan spesifikasi hardware input pada laptop yagn sedang terpasang, contohnya touchpad dan keyboard.

Nah, sekarang tugas ada di tangan Anda. Silahkan mulai melakukan pengecekan spesifikasi laptop. Jangan terlalu kudet, supaya tidak terlalu mudah untuk dibohongi. Karena, di jaman sekarang ini, sedang banyak sekali beredar kasus penipuan laptop, lho..

Gimana? Jelas? Jika masih ada pertanyaan lebih lanjut. Silahkan tanyakan melalui kolom komentar dan tekan tombol share, supaya teman-teman kita juga tahu.

Post a Comment

1 Comments

  1. manteb ini min, bisa buat cek klo mau beli laptop bekas ya min?
    solder uap

    ReplyDelete